Cara baru yang lebih praktis untuk dapat informasi.

Dapatkan segala jenis Informasi dan Dokumentasi, Langsung melalui Smartphone Anda Dimanapun dan Kapanpun!!

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik. Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 117 Tahun 2010 tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi dimana salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi. Terkait dengan tugas tersebut, PPID menetapkan standar layanan informasi di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam rangka penyelenggraan pelayanan publik dengan menyediakan sarana, prasarana, fasilitas berupa desk layanan informasi, fasilitas pendukung seperti layanan akses internet gratis, petugas pelaksana layanan informasi, instrumen transaksi, produk pelayanan, serta menetapkan waktu layanan informasi.Sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika. KM Kominfo No.117 Tahun 2010 dirubah menjadi KM Kominfo No. 1740 tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

TUGAS

  • Pengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari PPID pembantu
  • Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi kepada publik
  • Melakukan verifikasi bahan informasi publik
  • Melakukan uji konsekuensi atas informasi yang dikecualikan
  • Melakukan kemutakhiran informasi dan dokumentasi
  • Menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat.

KEWENANGAN

  • Menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  • Meminta dan memperoleh informasi dari unit kerja/komponen/satuan kerja yang menjadi cakupan kerjanya
  • Mengkoordinasikan pemberian pelayanan informasi dengan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional yang menjadi cakupan kerjanya
  • Menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat/tidaknya diakses oleh publik
  • Menugaskan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional untuk membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan dokumentasi untuk kebutuhan organisasi.

STRUKTUR PPID

STANDAR PELAYANAN

Responsive image Responsive image

MAKLUMAT PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

PPID berkomitmen memberikan pelayanan informasi publik dengan maksimal dengan cara :
  • Memberikan pelayanan informasi yang cepat, berkualitas dan akurat.
  • Memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi publik
  • Memberikan informasi publik yang akurat, benar dan tidak menyesatkan.
  • Menyediakan fasilitas pelayanan informasi publik yang nyaman dan representatif.
  • Menjamin penggunaan seluruh informasi publik dan fasilitas pelayanan sesuai dengan ketentuan dan tata tertib yang berlaku.
  • Merespon dengan cepat permintaan informasi dan keberatan atas informasi publik
  • Menyediakan pelaksanaan PPID untuk melayani kebutuhan pemohon informasi publik.
  • Melakukan evaluasi dan perbaikan yang berkelanjutan.

Informasi Yang Banyak Dimohon
Statistik Dokumen
  • Jumlah Dokumen Informasi 26
  • Jumlah Permohonan Informasi 0
  • Jumlah Pemohon Informasi 0
Statistik Permohonan
  • Hari 0
  • Bulan 0
  • Tahun 0

Jam Pelayanan Informasi

Senin s/d Jumat
09.00 WIB s/d 16.00 WIB

Call: +62 XXX-XXXX-XXXX​⁠​
WhatsApp: +62 XXX-XXXX-XXXX​⁠​
Mail: ppid[@]bengkulukota.go.id